ads-1

Home » » Selabintana

Selabintana

Selabintana terletak 7 kilometer sebelah utara Kota Sukabumi. Dari gerbang tol Ciawi, Kota Sukabumi bisa dijangkau dalam waktu tiga hingga empat jam.

Selabintana di kaki Gunung Gede-Pangrango ditemukan AAE Lenne (1853- 1916), seorang pengusaha berkebangsaan Belanda. Jiwa bisnis Lenne mendorong dia memoles Selabintana menjadi kompleks peristirahatan dengan konsep bangunan menyatu dengan alam.

wisatawan akan mendapatkan jejak sejarah peninggalan Belanda yang dipadu dengan panorama Gunung Gede-Pangrango. Hotel yang dibuat pada tahun 1900-an oleh seorang berkebangsaan Belanda tetap bertahan hingga kini dan masih menjadi ikon Selabintana.

Saat itu, Sukabumi dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi petinggi perkebunan Belanda. Belanda mendirikan pusat perkantoran di Kota Sukabumi untuk mengurus perkebunan yang tersebar di beberapa tempat.

Tempat peristirahatan yang di bangun Lenne dalam waktu singkat menjadi tempat favorit bagi para petinggi perusahaan perkebunan Belanda. Lenne kemudian mengubah tempat peristirahatan itu menjadi hotel.

Tahun 1924, AAE Lenne menyerahkan Hotel Selabintana kepada anaknya, GE Lenne (1897-1976). GE Lenne lantas mengangkat Los Bakker, manajer berkebangsaan Belanda, untuk mengelola Hotel Selabintana. Bakker berhasil meningkatkan kunjungan warga Belanda ke Selabintana.

Hotel Selabintana berpindah kepemilikan dari Belanda kepada Jepang pada 1942-1945. Hotel Selabintana kemudian dikelola oleh Kagura. Setelah Indonesia merdeka, Hotel Selabintana telantar.

Pada tahun 1953, seorang jenderal bintang dua TNI Angkatan Udara, Wiria Dinata, merenovasi Hotel Selabintana. Pada tahun 1967, hotel itu dibuka untuk umum.

Sejak dibuka untuk umum, pengelola hotel membuka lahan seluas 20 hektar untuk lapangan golf. Namun, hal tersebut sering membuat wisatawan harus berhati- hati agar tak terkena bola golf. Pada tahun 1990, olahraga golf akhirnya dihentikan untuk menjamin kenyamanan wisatawan. 






sumber : http://www.infotempat.com/?content=1&category=3&act=1648

Share this article :

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Sukabumi Newbie Creation - All Rights Reserved
Template Modify by Premium Blogger Templates Inspired Blogger Tricks
Proudly powered by Bloggerfree download all
Design Downloaded from free Blogger templates | free website templates | Seodesign.us | Funny Sport Videos.