ads-1

Home » » Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter dan berada di dalam di Kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP).  Curug ini masuk dalam wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi.

Di Curug Sawer  juga akan ditemui curug lain, yaitu Curug Cima naracun, dimana curug ini merupakan sumber dari air danau Situ Gunung.  Curug ini berjarak sekitar 200 meter dari Wisma Situgunung.

Berjarak sekitar 16 km dari kota Sukabumi ke arah Bogor atau sekitar 9 km dari kecamatan Cisaat.   Kondisi jalan ke Kawasan Wisata Situ Gunung sudah beraspal dan dapat dilalui kendaraan mulai dari roda dua hingga roda enam.  Pintu masuk ke Curug Sawer berada di samping kantor Polsek Cisaat di Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari kota Sukabumi dapat menggunakan angkutan umum (angkot) no. 08 yang berwarna hijau muda dengan trayek Sukabumi - Cisaat.

Selanjutnya turun di depan alun-alun Cisaat kemudian menyeberang jalan dan berjalan kaki sedikit ke arah tempat mangkal angkot jurusan Kadudampit yang berada dijalan disamping kantor Polsek Cisaat.
  Karena biasanya angkutan umum ini tidak sampai ke depan gerbang masuk lokasi wisata Situgunung, maka harus bayar lebih supaya diantar langsung kesana.

Ada dua jalur (jalan kaki) menuju Curug Sawer, yaitu dari perkemahan Situ Gunung dan dari perkemahan Cinumpang. Kalau mau sedikit memicu adrenalin, anda bisa mengambil jalur berangkat dari perkemahan Situ Gunung dan kembali lewat perkemahan Cinumpang.

Jalur dari perkemahan Situ Gunung cukup menantang karena turun naik di pinggir jurang. Sementara jalur lewat perkemahan Cinumpang relatif lebih ringan, bahkan (kalau berani) bisa ditempuh dengan ojek seperti yang telah dibahas di atas.

Umumnya jalur kedua yang banyak dipilih, hal ini karena relatif mudah dan dekat untuk ditempuh.  Untuk jalur ini dimulai dari pintu masuk gerbang dimana setibanya di pintu ini akan dijumpai pesimpangan jalan bercabang dua, jika ke kiri ke arah lokasi danau Situ Gunung dan jika lurus ke arah area perkemahan Cinumpang.

Jarak tempuh ke area perkemahan ini sekitar 1 km dengan kondisi jalan sudah beraspal.  Untuk menuju ke sana dapat berjalan kaki, membawa mobil sendiri atau menyewa ojek.  Setibanya di area perkemahan Cinumpang ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki (trecking) melewati jalan setapak naik turun sejauh sekitar 1 km menuju Curug Sawer.