ads-1

Home » » Muara Cikaso

Muara Cikaso


Muara Cikaso Terletak /- 100km dari Kota Sukabumi, atau 35 Km dari Kota Jampang,Muara Cikaso / Pantai Keusik urug memang merupakan objek wisata yang cukup menarik.

Pantainya yang masih bersih dan alami memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Pada beberapa bagian pantai terdapat area yang cocok untuk bermain dan menikmati alam pantai yang masih alami / natural.
Muara Cikaso Pantai Keusik urug atau dikenal juga dengan nama Muara Cikaso, mungkin bisa di katakan objek wisata pantai yang cukup unik dikawasan Sukabumi Selatan.
Muara Cikaso / Pantai Keusik urug, merupakan salah satu objek wisata lain yang menarik di Sukabumi Selatan. Muara ini merupakan tempat bertemunya Sungai Cikaso dengan laut.

Sungai Cikaso membentuk alur membelok terlebih dahulu sebelum masuk kelaut, sehingga terbentuk Situ alam yang cukup luas dengan bentuk yang sangat indah, sangat indah untuk di nikmati dan bagi anda yang suka berpetualang di air anda bisa mesewa perahu motor untuk mengelilingi Situ Muara Cikaso tersebut karena lumayan luas juga.

Dimuara ini banyak pula binatang seperti kepiting, belibis, biawak dan ikan-ikan muara. Bila kita menelusuri sisi pantainya banyak pula dijumpai ikan-ikan hias khas warna-warni ikan air laut yang berenang bebas di tepi sungai.

Muara Cikaso / Pantai Keusik urug juga mempunyai keunikan yang tidak dimiliki muara-muara lainnya, pada saat-saat tertentu atau biasanya pada musing kemarau di Pantai Keusikurug akan terjadi akan terjadi " BUGEL". Yaitu dimana air yang tadinya mengalir kelaut dari Sungai Cikaso tersumbat/terbendung oleh pasir-pasir pantai yang tertiup angin, sehingga membentuk tanggul yang menyumbat aliran sungai Cikaso kemudian membuat Situ Alam yang sangat besar dan Luas.

Dan saat itu biasanya nelayan di untungkan karena ikan banyak yang terjebak di Situ Alam tersebut dan otomatis akan menambah pendapatan ikan nelayan.
Disamping objek wisata alam, Pantai Keusikurug juga memiliki objek wisata kuliner dan budaya salahsatunya yaitu "Gula Kelapa" dalam bentuk proses pembuatan gula kelapa oleh masyarakat setempat.

Pembuatannya sederhana sekali yakni dengan memanfaatkan perkebunan kelapa luas, para penduduk memasang bokor untuk menampung cairan dari kembang kelapa lalu di kumpulkan dan dimasak dikuali lalu dicetak dengan potongan bambu yang ukurannya lebih besar dari ukuran gula kelapa yang ada di pasaran.
Secara keseluruhan masih ada beberapa tempat yang belum terjamah yang memiliki tempat yang indah.

Sumber : http://sukabumi.olx.co.id/pantai-keusikurug-tegalbuleud-iid-34151854


Share this article :

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Sukabumi Newbie Creation - All Rights Reserved
Template Modify by Premium Blogger Templates Inspired Blogger Tricks
Proudly powered by Bloggerfree download all
Design Downloaded from free Blogger templates | free website templates | Seodesign.us | Funny Sport Videos.